Oleh: sunarto | September 28, 2008

Baturraden, salah satu Objek Wisata di Jawa Tengah

Baturraden adalah sebuah tujuan wisata di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Baturraden terletak di sebelah utara kota Purwokerto tepat di lereng sebelah selatan Gunung Slamet. Baturraden karena letaknya di lereng gunung menjadikan kawasan ini memiliki hawa yang sejuk dan cenderung sangat dingin terutama di malam hari. Baturraden juga merupakan daerah wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal juga manca negara, terutama pada hari minggu dan hari libur nasional. Kondisi tersebut menyebabkan banyak hotel, vila dan rumah singgah  di sini.

Objek Wisata dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jarak dari kota Purwokerto sekitar 15 km dan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dengan lalu lintas yang tidak terlalu padat. Apabila ingin menggunakan kendaraan umum wisatawan dapat naik angkutan kota dari terminal di Purwokerto dan turun di terminal lokawisata Baturaden. Jika ingin lebih praktis wisatawan dapat menggunakan taksi. Jika memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya hati-hati karena beberapa ruas jalan yang menanjak dengan kemiringan lebih dari 30 derajat.
Beberapa objek wisata yang menarik disini

Pancuran Pitu Baturaden (air mancur 7 buah, panas dan mengandung belerang)
Pancuran Telu
Telaga Sunyi
Bumi Perkemahan
Pemandian Air Panas dan kolam renang
Curug Ceheng
Wahana Wista Lembah Combong

Biasanya liburan lebaran jalan menuju tempat wisata  ini macet, dan jika Anda membawa mobil ada baiknya sedia balok kayu untuk mengganjal ban :)

About these ads

Responses

  1. Mas mau tanya kalo dari stasiun purwokerto ke baturraden naik apa yang paling murah?Kalo carter kendaraan ada gak?Trus bisa minta info tempat penginapan yang murah meriah gak?soalnya bulan depan saya berencana ke baturraden backpacker sekitar 10 orang.

    Makasih mas sebelumnya…
    ——————————-
    @Mas Gilang,
    Dari stasiun ke btraden bisa pake Taksi, ato pake angkot (stasiun ke Kebondalem, dari kebondalem nyambung lagi pake angkutan pedesaan menuju baturaden.
    Ada banyak peginapan jg disana, kalo yg paling murah gelar tenda di bumi perkemahan btraden hehee ..silakan sambil brows ke http://banyumaskab.go.id

    • wooooooooooooooooooooooooiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
      kangen tw pengen pulang

  2. apakah akses perjalanan dari obyek wisata pangandaran ke baturaden susah? dan memerlukan jarak tempuh berapa jam.
    wahana wisata apa saja selain baturaden di banyumas yg menarik?
    ———————
    @febri
    sudah saya jawab via email, thks sdh mampir disini

  3. hallow :p

  4. mas ku mau tanya misal rute perjalanan dari tegal ke baturaden gmn? msl ku dah nyampe di purwokerto kr2 berapa kilo lg sya tempuh?bisa tolong kirimi peta ato rute dari tegal ke baturaden ga? sebab ku pengen ke sana dengan kendaraan pribadi terima kasih
    ———————
    @Danang
    Jika sudah sampe pwkerto, kalo pake mobil pribadi hanya butuh waktu sekitar 20 menitan(14 KM). Dari bekas terminal Bus lama Purwokerto, ambil rute ke utara ->arah Unsoed Purwokerto, lurus saja ke utara sejauh sekitar 14 km, banyak papan petunjuk koq Pak, Selamat Berlibur

  5. aku senang sekali,kapan aku bisa kesana lagi,mau terjun dari atas langsung banyu

  6. pak polisi tolong jangan pilih kasih di lokawisata baturraden.karna kalo mobil mewah ato orang kaya masa dapat parkir didepan loket baturraden.sedangkan orang yang ga punya yang hanya bisa nyewa mobil bak terbuka/truk mereka harus jalan sejauh satu kilometer dari loket.ni yang membuat baturraden gak serame lebaran kemaren.tolong ya mas sampein ma polisi yang pilih kasih itu.alesanya emang bener wat keselamatan.tapi toh dari dulu juga selamat.trima kasih

  7. Wis pokoke asyik banget berlibur ke Baturraden…temenan

  8. Buat yg mau singgah d Baturraden Purwokerto, sempatkan mampir di Sate Kelinci dan Sate Ayam khas Baturraden punya saya (Mas Watim) yg letaknya di sebelah Timur Sungai Gumawang, djamin service puas dan kenyang. Jika haus bisa minum Es Dawet Ayu “Ibu Irma” dijamin dahaga bkaln hilang dgn kesegaran Dawet Ayu khas Baturraden ini. Ditunggu kedatangannya di Baturraden..

  9. Halo.. thanks atas info nya, Bln dpn rencana nya dari ktr mau outing ke baturaden, Mohon info lama perjalanan jakarta-batu raden bila naik bis sewaan kira2 berapa, trus ada referensi tempat penginapan yg muat untuk kira2 100 an org g? Biaya masuk ke objek wisata batu raden nya brp ya?

    Maaf kl banyak tanya..
    ————————
    @ Eva
    Kalo Bus umum Jkt- Purwokerto (15 km sebelum baturraden) butuh 10-12 jam perjalanan .. Untuk Bus carter an biasanya ngitung nya per hari.. bisa 2 – 3 jt/ hari/Bus tergantung kapasitas dan fasilitas Bus itu sendiri. Penginapan banyak tersedia sepanjang dari Purwokerto-Baturraden dari hotel ekonomi sampe bintang 3. Ada baiiknya nginepya di Baturraden saja, suasananya adem. :) Tarif masuk tdk sampe puluhan ribu. Selamat liburan :)

  10. jadi kuagen maring batu raden nich ?????kapan bisa main lg ke sana ???????

  11. ach….baturaden…tu tempat terindah yang pernah q kunjungi, bukan hanya tempatnya yang bagus tapi juga karna disana q bertemu belahan hatiq, cinta sejatiq tapi sayang dia diambil orang…hiksksss…tp g pa2 cinta sejati q tak kan pernah mati…suatu saat q pasti kembali kesana…tunggu q baturaden…
    I L U full IRMA (panca ayu irma suryanni)by bobo

  12. saya mau tanya tiket masuk ke baturaden skrg brp???
    trz kl tiket msk bt rombongan bysany dpt diskon g?
    mksh

    • @Fitria
      Silakan kontak no telp. dibawah
      Seksi Pemasaran Wisata
      Address:
      Jl. Dr. Soeparno No. 24 Purwokerto 53111
      Telephone:
      Telp. (0281) 625893
      Fax:
      Faks. (0281) 635327
      Website:

      http://pariwisata.banyumaskab.go.id

  13. @P Andri makasih atas kunjungannya,

    Bulan depan kalo ga ada halangan saya (Kep.kel, anak, istri & org tua : Ibu) mau ada rencana ke Baturraden Purwokerto untuk mengisi liburan kenaikan sekolah anak-2.
    Perjalanan dgn mengunakan Kretaapi ekonomi, maklum supaya menghemat + bawa anak-2 tiga org, berangkat dari Jkt Stsn Senen jam 08:45 naik KA ekonomi Serayu tujuan akhir Stsn Kroya sampe +/- jam 18:00.
    Sengaja saya naik KA Serayu tujuan Kroya karena rute perjalanannya melewati Bandung & Tasik yang konon pemandangannya sangat indah, melawati trowongan dan jembatan sungai serayu.
    Sesampai di Kroya perjalanan dilanjutkan ke Purwokerto kemudian langsung ke Baturraden, untuk itu saya minta pecerahan/jawaban dari Kakang Mas atas pertanyaan saya sbb :
    1. Dari Kroya adakah kendaraan umum, bus/minibus/angkutan kota yang melayani trayek ke Purwokerto, atau saya tetap dari Stasiun Kroya, lalu adakah kreta komuter jarak dekat yang menuju ke Purwokerto ?

    maaf setau saya tdk ada angkutan umum setelah magrib dari Kroya ke Purwokerto :(.. mungkin bisa pake angkutan plat hitam

    2. Sampai di Purwokerto apabila sudah di atas jam 20 malam adakah kendaraan umum (angkot) selain taxi yang masih beroperasi menuju kawasan wisata Barurraden ? maklum lagi-2 supaya hemat.
    -> Dan kebetulan tdk ada j uga angkutan umum selewat jam 18.00, yang ada taxi ato ojek motor

    3. Mohon informasi penginapan/hotel/home stay kelas standar saja, yang tarifnya terjangkau, aman dan lokasi dekat dgn tempat wisata serta mudah cari makanan.
    -> Disepanjang jalan (Baturraden tersedia banyak penginapan dari kelas melati hingga hotel berbintang Pak :)

    4. Saya pernah lihat di TV acara kuliner makan steak ikan pari, kalau ga salah namanya Iwak Bayu dekat Gor Purwokerto, persisnya di sebelah mana ya ? (alamatnya)
    -> Gor Purwokerto.. Jl. Prof Dr Suharso (Perempatan Rumah Sakit DKT Purwokerto ke arah Timur

    Demikian sekelumit gambaran saya se-klg yang bulan depan akan berlibur jalan-2 ke Baturraden, atas jawaban yang diberikan saya mengucapkan banyak terima kasih. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT, sehingga bisa berlibur bersama keluarga, amin..

    —” Selamat Berlibur di Baturraden Pak :) ” —

  14. Pak Sunarto,
    Kami berencana untuk berlibur ke Baturraden dan Pangandaran. Mohon informasi mengenai route yang akan kami tempuh mulai dari Purwokerto sampai Pangandaran melalui mana saja? Terima kasih.
    Wassalam,
    Sutrisno

  15. i like baturraden…indah bgt…sejukkk…..my 4th place in my life after garut bandung depok/jkt…

  16. saya sudah pernah kesana pada hari sabtu,26 juni 2010
    di sana ada air terjun tpi ada orang yg ingin terjun dari atas ke air tpi harus bayar 5000
    klo tidak percaya anda bisa kesana & ada orang mau loncat tpi harus 5000 dahulu..!!!
    try it

  17. Tanya dun!!!
    1.Brp tiket masuk ke obyek wisata?
    2.Tlong kasi info harga penginapan dr paling murah.
    3.Tlong kasi info harga makanan secara rata2 di skitar batu raden
    4.Makanan khas purwokerto/baturaden apa sie?
    Mhon di jawab as soon ya,sbb posisi sy sekarang (09/07/2010) sudah dipurwokerto perjalanan dari Tasikmalaya.
    Thx’s

  18. Tanya dunk!!!
    1.Brp tiket masuk ke obyek wisata?
    2.Tlong kasi info harga penginapan dr paling murah.
    3.Tlong kasi info harga makanan secara rata2 di skitar batu raden
    4.Makanan khas purwokerto/baturaden apa sie?
    Mhon di jawab as soon ya,sbb posisi sy sekarang (09/07/2010) sudah dipurwokerto perjalanan dari Tasikmalaya.
    Thx’s

  19. naik angkot ya ora teyeng…ko sih ora ngertos..tang baturraden niku naik angkot sih karo naik dokar sih pada bae….

  20. Mama, maaf labaran taun kiye nyong ora teyeng bali, mungkin waktu lain aja ya…lagi repot nich…selamat bulan Puasa ya…semoga puasa kita diterima.Amin

  21. Baturraden sapa sing ora ngerti, keindahane ya matep lah… coBA datang aja liburan lebaran sekarang.

  22. http://faruqiumar.blogspot.com/

    aku bangga sebagai warga Purwokerto dengan adanya Baturraden.

  23. Nyong arep ngajak demenane inyong maring baturraden bada kie..

  24. mas tolong ada temen sya yg nyasar di jwa tengah ….tolong d cari in yea mas

  25. Mas mau tanya harga ticket masuk o.w baturraden berapa? Salam toni wijayaj. Yang ada di cisema.cimanggu .cilacap. Jateng
    —————————————
    @Toni wijaya
    Silakan kontak no telp. dibawah
    Seksi Pemasaran Wisata
    Address:
    Jl. Dr. Soeparno No. 24 Purwokerto 53111
    Telephone:
    Telp. (0281) 625893
    Fax:
    Faks. (0281) 635327
    Website:

    http://pariwisata.banyumaskab.go.id

  26. [...] Pelajar Tingkat SMA/SMK. Acara sosialisasi dilangsungkan tanggal 13 s/d 15 Juli 2010 di Wanawisata Baturraden. Bagi yang membutuhkan materi dapat diunduh pada tautan berikut Remaja dan Rokok Juli 15th, 2010 | [...]

  27. qo kayaknya mengasyikan tempat wisatanya,jd penasaran ne…tp kapan ya….cuti nanti x…taun depan,

  28. biaya masuk ke baturraden berapa ya?
    kalo dari purbalingga ke baturraden brp jam?
    mksi sblumnyaa :))

  29. mas ……… kalau saya mau rekreasi bareng satu kantor , sekitar 20 orang . bisakah dicarikan sewa vila 6kamar yang bersih dan murah heeehe. back oakerlahhh mhn infonya

  30. ass… haii pak. Saya mau info dong no telp villa/penginapan yg ada didekat lokasi baturraden. Soalnya bsok mau liburan kesana bersama keluarga kecil saya. Thanks ya. kalo bisa segera dijawab ya.

  31. mas klo dari magelang rute ke baturaden lewat jalan mna ja,tlg brikan jawaba ke alamat fb saya;saya.za@yahoo.com
    thank’s

  32. mas klo dari magelang rute ke baturaden lewat jalan mna ja,tlg brikan jawaban ke alamat fb saya;saya.za@yahoo.com
    thank’s

  33. [...] (Sunarto) [...]

  34. Mau nanya ni buat pengajuan proposal piknik karyawan.
    1.Brp tiket masuk ke obyek wisata baturaden?
    2.Tlong kasi info harga penginapan dr paling murah.
    3.Tlong kasi info harga makanan secara rata2 di skitar batu raden
    4.Makanan khas purwokerto/baturaden apa sie?
    Jaarak Solo – Baturaden biasa ditempuh dlm berapa jam ya ?
    Makasih ya.

  35. Pa knpapa kebon binatangnya d baturraden udah ga ada??pemandangannya mantep mas,kemaren kami bis ksna.

  36. tapi sekarang berubahan di baturaden udh lumayan bagus, jd kapan lagi tahun baru bagus wat berlibur kesana …..!!!!!

  37. Suatu kebngga’n bsar bwt jwa tngah & ngra kta indonesia trcnta. Jdi nkmatilah keindahn alm kta. Jwa tngah tnggu q dsna.

  38. Mas kalau dari arah bandung pakai motor rutenya mana yang paling praktis

    • Pakai jalur Selatan, Bandung-Tasikmalaya-Cilacap Barat- Lumbir-Wangon- Purwokerto

      ________________________________

  39. mhn informasi sya dlu ke Purwokertp thn 1992, tentunx bnx prkmbngan dan kemajuan ! tlg comntx?

  40. saya minta no tlp.a

  41. Kalau dari terminal bis purwokerto ke batu raden naik angkot apa ya?trimaksih.ardi

    • P Yopi, bisa naik angkot wisata (hijau)

      ________________________________

  42. Reblogged this on dewadewe.

  43. baturraden tujuan wisata banyumas, mantap..

  44. mohon infox terakhir sya ke Baturaden tahun 1992, bgaimana keadaanx skrg/ tlg \

  45. maaf, mau tanya kira2 klo dari solo ke baturaden gimana jalurnya ya?? trimakasi, trus kira2 perjalanan solo baturaden habis berapa?
    ———————–
    Solo-Jogja-Kebumen-Gombong-Purwokerto-Baturraden (Lancar sekitar 7 jam perjalanan). Solo-Purwokerto dgn Bis Umum sekitar 60 Ribu, Purwokerto-Baturraden dgn angkutan Umum sekitar 10 rb
    thks

    • Solo-Jogja-Kebumen-Gombong-Purwokerto-Baturraden (Lancar sekitar 7 jam perjalanan). Solo-Purwokerto dgn Bis Umum sekitar 60 Ribu, Purwokerto-Baturraden dgn angkutan Umum sekitar 10 rb


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: