Oleh: sunarto | Juli 11, 2009

Setting Hotspot Airlive

hotspot_airliveSalah satu feature yang dimiliki oleh Airlive Wireless adalah sebagai router + access point. Jika secara default Airlive (kali ini penulis mengeksplore seri WL-5470 AP) difungsikan sebagai Access Point, kita dapat merubahnya ke fungsi hotspot dengan memilih opsi Wireless Mode ->Gateway (AP+Router). Default IP address Wireless Airlive adalah 192.168.100.252, default username ‘admin’ (tanpa tanda petik).
Untuk memulai setup hotspot, buat atau tambahkan IP address komputer Anda ke 192.168.100.254 (contoh). Pastikan kable UTP (crossover – bisa menggunakan kabel UTP bawaan wifi) telah tersambung dari PC ke salah satu port Airlive (bukan WAN port). Kemudian buka browser favorit Anda, misal Firefox, Opera, GoogleChrome atau yang lain. Login dengan username admin, password admin atau ‘blank’ Ubahlan posisi yang tadinya menggunakan wireless mode AP ke Gateway (AP+Router)
mode_gateway_ap_router

Setelah itu masuk menu Wan Port klik setup. Masukkan SSID yang nantinya akan digunakan sebagai nama hotspot, sebagai contoh sejahtera-3. Untuk memudahkan konfigurasi selanjutnya disarankan menggunakan static IP.
wan_port

IP Static yang akan digunakan ini merupakan IP yang diberikan oleh router/gateway internet. Contoh kasus penulis menggunakan IP 172.16.0.253/255.255.255.0
ip_address

Masukkan default gateway (sebagai gateway internet) serta tambahkan juga DNS.nya.
Dan langkah terakhir adalah reboot system
reboot

Setelah itu masukkan kabel UTP (sebagai sumber internet) yang berasal dari jaringan (LAN-Provider-ISP) ke dalam Wan Port, selamat mencoba!

wan

Responses

  1. wah punya ku udah di seting apa belum ya. coba nanti di cek dah. thanks infonya. selamat pagi

  2. saya bingung mas kenapa gagal bikin AP ya.. maslah setting WAN ya itu mas .. ip yang di pakai yang mana??
    apa dari router atw setting DHCP aj… terimakasih

  3. kalo misalnya tidak DHCP gimana? jadi biar client connectnya pake IP

  4. thanks for helping

  5. tolong kalau ada yg punya software access point wl-5470Ap dan lancard airlive WT-2000PCI , soalnya saya ga punya cdnya udah hilang, kalau memang ada di download dimana? tolong kirim ke email saya nurlanagus21@gmail.com

    atas bantuannya diucapkan terima kasih

  6. gimana setting hotsopot WL-5470 AP jika sumber internet yang terhubung sebagai berikut: Radio – Komputer server 2 lan card – Switch – AP WL-5470. Komputer server gunakan hubung ke internet melalui proxy. Tolong saya please!!! Trims.

  7. Tolong sekali lagi nich… bagaimana cara meningkatkan luas jangkauan dan membuat sistem DHCP dari WL-5470 AP. Trims…
    _____________
    @P Benyamin
    Untuk memperluas jangkauan sinyal dapat menambahkan Antena luar (2.4 GH) misalnya Antena Omni/Sectoral atau menambah AP kedua, ketiga dst pada titik-titik tertentu. Sistem dhcp umumnya sdh built in pada semua perangkat ap yg menyertakan fungsi router didalamnya, tinggal memilih opsi antara static atau dhcp
    Untuk KOnfig ..(Radio penerima -Server-Switch-AP5470.) IP WAN di AP5470 arahkan/sejajar/satu kelas ke eth1 server jika eth0 server mengarah ke Radio penerima
    Pastikan kabel UTP dari switch masuk port WAN 5470, bukan port LAN

  8. Tirms.. banget untuk infonya. Maaf ya.. nanya lagi nich: (1). Cara setting hotspotnya yang gunakan IP sudah bisa, tetapi yang IP otomatis (DHCP) gimana ya? (2). Cara aktifkan dari laptopnya, tolong sekalian ya? Trims… forever…

  9. mas mw tanya saya pake wireless semua, untuk connect ke internet pake hotspot, pilih modenya yang mana ya?
    apakah GW mode bisa untuk wireless? apa mesti pake mode yang WISP?

  10. salam…
    minta bantuannya boss,
    bagaimana cara setting AIRLIVE tipe WL-5470AP sebagai client…
    mohon bantuannya …mumpung lagi banyak hotspot di sekitar gw…
    thanks
    —————————————
    @Roni
    Kurang lebihnya ..Pada bagian/menu Wireless Mode, pilih Client – SETUP , terus Site survey dan cari Hotspot sekitar, Save dan reboot.
    Bisa diklik disini
    http://69.64.87.53/airlive_fileserver/uploads/English/support/SD1218425740731.pdf
    slamat mencoba

  11. mas saya mau tanya apakah bisa diberikan password login hotspot menggunakan produk tersebut? kasih tutorialnya juga donk…
    mohon bantuannya…

  12. benyamin :
    Tolong sekali lagi nich… bagaimana cara meningkatkan luas jangkauan dan membuat sistem DHCP dari WL-5470 AP. Trims…
    _____________
    @P Benyamin
    Untuk memperluas jangkauan sinyal dapat menambahkan Antena luar (2.4 GH) misalnya Antena Omni/Sectoral atau menambah AP kedua, ketiga dst pada titik-titik tertentu. Sistem dhcp umumnya sdh built in pada semua perangkat ap yg menyertakan fungsi router didalamnya, tinggal memilih opsi antara static atau dhcp
    Untuk KOnfig ..(Radio penerima -Server-Switch-AP5470.) IP WAN di AP5470 arahkan/sejajar/satu kelas ke eth1 server jika eth0 server mengarah ke Radio penerima
    Pastikan kabel UTP dari switch masuk port WAN 5470, bukan port LAN

    tolong donk….. tutorial untuk memperluas jangkauan dengan menggunakan repeater…
    saya pakai repeater tplink tl WA500G…

    posisi repeater sebaiknya di letakkan seperti apa?
    kalau ditempat yang dapat sinyal cuma 2 titik, bisa kan?

    oh ya, saya setting airlive saya menjadi WDS Repeater, akibatnya saya nggak bisa lagi buka panel setting di alamat yang seharusnya (192.168.100.252)…
    selain menggunakan cara kasar (Reset), bagaimana cara mengembalikannya seperti semula?

  13. bung, kea mn cr n sharing di ubuntu……………..?

  14. sy masuk ke wifi di atas kok gak bisa? padahal ip default kan 192.168.100.252.
    please help me?

    • Default IP address Wireless Airlive adalah 192.168.100.252, default username ‘admin’ (tanpa tanda petik).

      Untuk memulai setup hotspot, buat atau tambahkan IP address komputer Anda ke 192.168.100.254 (contoh). Pastikan kable UTP (crossover – bisa menggunakan kabel UTP bawaan wifi) telah tersambung dari PC ke salah satu port Airlive (bukan WAN port). Kemudian buka browser favorit Anda, misal Firefox, Opera, GoogleChrome atau yang lain. Login dengan username admin, password admin atau ‘blank’ Ubahlan posisi yang tadinya menggunakan wireless mode AP ke Gateway (AP+Router)

      coba restart adaptor lagi

  15. mau tanya.

    airlive tersebut di tempat saya sudah tersetiing sebagai acces point, sehingga semua komputer sudah bisa terkoneksi dengan nama airlive, namun kebetulan baru saja sekolah kami terkoneksi dengan speedy. Lalu, bagaimana cara setting perangkat tersebut menjadi hotspot… sedangkan saya tidak mengetahui cara setup wan-nya maupun IP yang digunakan

    yang kedua
    apakah ketika perangkat tersebut sudah digunakan sebagai hotspot, masih dapat digunakan untuk interkoneksi antar komputer? mengingat inilah fungsi vital perangkat ini, terutama sharring printer dan NAS. terima kasih..

    • Untk Bp Aryo,
      Setup WAN speedy secara umum adalah 192.168.1.1/255.255.255.0
      Untup Arilivenya silakan ubah ipnya, misalnya 192.168.1.2/255.255.255.0 gateway ke 192.168.1.1
      Agar sharing printer bisa berjalan konfigurasi LAN nya sbb:
      Modem ADSL —> SWICTH (didalamnya tersambung LAN dan PC station sbg sharing printer)Access Point (Acess point dicolokkan ke switch)

      • Saya akan coba implementasikan penjelasan bapak, mungkin setelah sekolah… dan mungkin saya akan banyak bertanya lagi kalau mengalami kesulitan….

        di sekolah kami tidak menggunakan switch.. karena sementara memang menggunakan airlive-nya sebagai wireless switch…
        jadi bisakah seandainya polanya seperti ini
        Modem ADSL – Access Point

        dan pertanyaaan selanjutnya
        mungkinkan dengan 1 adapter wireless terkoneksi dengan 2 akses wifi, karena sebenarnya ada juga airlive wireless hardrive (NAS) yang setelah saya lihat juga dapat berfungsi sebagai acces point maupun repeater…

        maaf kalau saya terlalu banyak tanya, karena saya kebetulan menjadi guru iCT di SMP dan ingin belajar mengimplementasikan hal tresebut guna keperluan bersama siswa dan guru di tempat saya mengajar.. yang lokasinya jauh di pedesaan.
        Terima kasih atas sharring ilmunya..
        JAzakallahu khairan katsiran..

      • Utk Bp Aryo lagi,
        JIka tanpa switch, mungkn bisa dicoba laptop/desktop tempat sharing printer, IP nya didefault sebagai sharing printer (spy ip address tdk berubah setiap restart, misalnya 192.168.1.10) dan ip laptop/desktop lain biarkan DHCP
        Sepanjang yg saya tahu airlive dan wifi yg lain hanya bisa menjalankan salah satu fungsi saja, msl sebagai AP, Sebagai client atau sebagai repeater saja. artinya harus menambah 1 Wifi lagi, usahakan dgn merk/jenis yg sama

  16. sunarto :
    Untk Bp Aryo,
    Setup WAN speedy secara umum adalah 192.168.1.1/255.255.255.0
    Untup Arilivenya silakan ubah ipnya, misalnya 192.168.1.2/255.255.255.0 gateway ke 192.168.1.1
    Agar sharing printer bisa berjalan konfigurasi LAN nya sbb:
    Modem ADSL —> SWICTH (didalamnya tersambung LAN dan PC station sbg sharing printer)Access Point (Acess point dicolokkan ke switch)

    DNS nya settingnya bagaimana pak?

  17. Kemarin saya coba setting Air live WL-5470AP, saya setting jadikan client, setelah antena saya lepas, dan saya hubungkan ke antena kaleng yang buatan saya sendiri, ternyata saya bisa mendeteksi banyak hotspot, yg paling terjauh hotspot yang saya tau berjarak kurang lebih 1 kilo meter dengan signal 70% dan sudah bisa connek. pertanyaan saya, dimana saya bisa mengetikkan password tersebut, dan program apa yang baik digunakan untuk membobol password jenis WAP dan WEP, mohon bantuannya. terima kasih

  18. Terima Kasih banyak Infonya

  19. kalau dari modem wifi ke airlive, seting nya bagaimana…?

  20. gmn y saya juga punya airlive spt ini.mau tak pake hotspot apa bisa?udah tak konec ama pc udah ketemu airlive nya.tp kok g bs liat file dr hardisknya.

  21. gan, bagaimana buka admin dari ap airlive

  22. saya coba buka admin dari ap airlive wl-5470Ap dengan IP 192.168.100.252 dengan Ip komputer 192.168.100.254 kg berhasil buka admin. ada solusi lain…
    tolong bantunya mas…………..makasih

    • @Budi, coba RESET lagi, tekan tombol reset agak lama, cabut adaptor dan nyalakan lagi. Login dengan username admin, password admin atau ‘blank’ (kosongkan) selamat mencoba

  23. bagaimana reset airlife ke pengaturan default ato pabrik?

    • Buat talifeh@yahoo.com Tekan tombol reset (bagian belakang) sekitar 30-60an detik saat posisi menyala. Cabut adaptor dan nyalakan kembali

      ________________________________

  24. mengapa sinyal WIFI tidak ada apanya yang bermasah tolong dibantu….

    • @ talifeh@yahoo.com sinyal wifi di laptop ato wifi dari Acces Point? jika dari laptop mungkin wifi nya belum diaktifkan

      ________________________________

  25. disekolah kami belum ada jalur speedy. saya berencana sharing koneksi internet pada PC yg sering saya pakai (akses internet menggunakan usb modem). kebetulan kami juga ada airlive wl-5470Ap. mohon bantuannya bagaimana cara setting airlive wl-5470Ap agar dapat menjadi hotspot dan dapat digunakan laptop guru-guru disekolah untuk koneksi internet..
    terimakasih pak..

  26. Hello! I could have sworn I’ve been to this blog before but after reading through some of the post I realized it’s new to
    me. Anyways, I’m definitely glad I found it and I’ll
    be book-marking and checking back often!

  27. wow sip dapet info baru thank’s

  28. gan tolong ane punya airlive access point wl-5470Ap, ane pasang tapi gak bisa dikasih password dan ternyata ada drivernya, terus cdnya hilang, ane cari kemana-mana drivernya tapi gak ada terus ,Minta drivernya gan atau alamat downloadnya ??? please

    makasih

  29. tlong gan cara setting ke 4g gmn sy blum berhasil untuk ke 4g nya tks…..


Berikan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

