Oleh: sunarto | Januari 19, 2008

Januari Baru yang (masih) Kelabu

Wuuiih udara yang panas …. sambil menyeka keringat aku bergegas meluncur ke alun-alun Purwokerto. Tujuannya cuma satu, bayar rekening listrik, mo ‘deadline’ nih, pikir saya dalam hati. Eitt.. ada yg lupa PAM juga harus dibayar. Setelah PAM terbayar wusss sambil gas (setengah) pol sampailah di kantor PLN. Singkat cerita ditempat tujuan yang bikin saya kaget, saya harus membayar rekening 200% dari biasanya. Mmm … paling petugas pencatat meterannya yg asal-asalan, pikirku.

Lalu apa hubungannya dengan januari yg masih kelabu? Iya, peristiwa diatas memang nggak ada hubungannya 🙂.

Setiba dikantor (wuihh padahal gak punya kantor :D) yang ada tempat yg mungkin lebih tepat dinamakan gudang. Kabel, dus, monitor dan barang2 bekas bergelimpangan di lantai. Dog.!! Dog!! Dogg!! (maaf ini bukan anjing, tapi bunyi pintu diketok 🙂) masuklah rekan saya dari dinas pendidikan. “Sudah beres mas ?” Tanya rekan saya. “Maaf beres apanya Pak ?” sahut saya. “ Kalau pekerjaan si sudah selesai Pak, cuman ongkosnya yang belum “, sahut saya lagi. “Lho koq?” sela rekan saya. Akhirnya pembicaraan dilanjutkan ngalor – ngidul yang diselingi tawa dan canda.
topik pembicaraan berlanjut dan mengerucut ke pekerjaan jardiknas dan dapodik. Nggak tahu juga masalahnya sekarang dimana. Faktanya data yg terupload masih dikisaran 96% padahal file-file nya sudah ‘habis’. “Kalau kabupaten tetangga gimana mas ?” Tanya rekan saya. “ Peringkat “ dapodik kabupaten lain lebih baik dari kita di Banyumas Pak”, sahut saya. “ Bagaimana kita bisa selesai Pak, jer basuki kan mawa bea”. “ Yang saya tahu kalau kabupaten lain, dana dan pekerjaan dilimpahkan ke mahasiswa, ada juga yang dioutsourcingkan,” tambah saya lagi. Tut !! Tutt!! Sebuah pesan pendek masuk. “ Jardiknas nggak konek mas ?”. Setidaknya sampai saya menulis catatan ini, saya belum sempat membalas pesan tersebut. Saya cuman mikir, bagaimana pekerjaan-pekerjaan yang begitu besar mau selesai, ketika semuanya serba gratis dan yang peduli bisa dihitung dengan jari ?

Yah, Januari yang kata orang ‘baru’ ini memang (masih) kelabu 😦


Responses

  1. mas mungkin sekali2 perlu ada acara ‘ketemuan’ gitu antara semua pihak yang terkait dengan jardiknas khususnya kab Banyumas, soalnya menurut saya koordinasi antar ‘personal’ dan atau instansi itu minim sekali disini. trus juga pembahasan tentang tugas2 dapodik juga supaya kita2 tau yang mana yang belum (padahal sudah habis ya..)

    mahasiswa (yang saya tau) cuma mikirin kuliahnya, magangya (dirinya sendiri saja) ~termasuk saya juga hehe…

    ngikut linkback dong mas..

  2. Makasih mas atas sarannya. memang harus ketemu, rembugan dan jalan bareng. Tapi sepertinya yg diatas pada sibuk sendiri2. Mmm… kapan selanya ya😕


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: