Oleh: sunarto | Maret 9, 2008

Perjalanan ke Jatilawang dan Wangon

Tower TriangleSabtu, 8 maret ’08 saya harus kembali ke repeater jardiknas wilayah Jatilawang, atau tepatnya di SMAN Jatilawang. Access Point pada tempat tersebut tampaknya bermasalah, memancarkan signal, tapi nggak bisa di ping. Terpaksa harus bolak-balik Purwokerto-Jatilawang untuk menukar Access Point. Kebetulan masih ada sisa di ICT. Tentunya harus bolak-balik (naik-turun) tower 40 meter. Yang jadi masalah bukan ketinggiannya, tapi tower dan kawat spanner sudah karatan😦 Kalo towernya roboh ?

 

Setelah mereplace Acces Point, saya kontak beberapa client jardiknas yang nyambung ke repeater tersebut, SMK Wijayakusuma, SMK Karya Teknologi dan SMA Karya Bakti Jatilawang dan alhamdulillah nyambung jardiknas lagi, meski harus wira-wiri support via telpon dan datang langsung ke tempat masing2. Maklum itu materi pelatihan jardiknas setahun yang lalu.

 

Perjalanan saya lanjutkan ke Wangon, tepatnya SMPN1 Wangon. Wireless harus di site survey ulang, menyesuaikan dengan Acces Point yang baru saya ganti di Jatilawang. Waduh strengh signalnya cuman 39%😦 Terpaksa harus naik tower lagi) – pointing ulang. Lumayan signal naik meski mentok diangka 43%. Halahh tinggal router sekolah Error. Tampaknya HDD Bad sector. Harus ganti HDD dan install ulang tentunya. Saya putuskan install PC LinuxOS 2007. Ini pilihan mudah untuk orang awam seperti saya🙂. Dan setelah Fix saya putuskan untuk ‘memberesi lagi’ client jardiknas diwilayah Wangon, SMAN Wangon, SMK Bunda Satria dan SMK Maarif Wangon.
SMAN Wangon ‘menolak’ dan minta dikunjungi lain waktu, karena yang ngurusi lab komputer tidak ada ditempat. Ini salah satu hal yang saya tidak suka, tidak ada delegasi tugas, dan pastinya ‘memaksa’ saya untuk datang lain waktu. Perjalanan saya lanjutkan ke SMK Bunda Satria Wangon. Alkhamdulillah radio dan antena masih terpasang🙂 karena ada beberapa client yang telah dibongkar mungkin karena kecewa nggak konek setelah sekian lama. Selanjutnya saya cek client lain, SMK Maarif NU Wangon. Kebetulan berpapasan dengan orang yang saya kenal dari dinas pendidikan Banyumas, dan pernah mbantu juga ngurusi jardiknas meski sekali dua kali. Nggak tau tiba2 saya jadi mikir. Kayaknya enak yah kalo keluar kantor mbawa sopir, mbawa mobil dinas, dan tentunya beli bensin tidak merogoh kantong sendiri ( I haven’t dream about it )

 

Kembali ke Laptop, eh client jardiknas. Kebetulan kantor di SMK Maarif Wangon belum bubar. Harapan saya, sesampainya disana ada hasilnya. Untunglah tidak ada trouble yang berarti pada radio. Setelah membuka ‘kamus IP Address’ nyambunglah salah satu sekolah pinggiran ke Internet, seperti mimpi saya sebelumnya. Wajah2 sumringah tergambar jelas dari guru2 setempat. Maklum di SMK ini belum pernah ada internet. Satu menit setelah online, tiba2 listrik mati (gedubrak!)

Yah meski hanya satu menit saya bersyukur bisa menunjukkan ke mereka bahwa jardiknas masih hidup.

Saya putuskan kembali ke Purwokerto, meski hujan. Karena hujan adalah rahmat (sok puitis). Dan dinginnya air hujan nampaknya bisa meredakan tensi saya yang cenderung naik akhir2 ini.

Repeater lain menunggu, Purwokerto, Cilongok dan Ajibarang. Ada yg mau bantu ?


Responses

  1. kLo masih bisa sempet caLL saya aja ngga apa2 mas, saya juga masih perlu beLajar dengan sampean.
    yakin Lah mas,,, aku tuh pengen banget bisa. kLo saya ada waktu saya bisa bantu kok.

  2. Wah, yg mo bantu malah dari luar negeri, eh luar wilayah🙂 kayaknya gak ada yg perlu dipelajari mas. cuman modal nekat saja, nekad naik tower 40 meter hihihi

  3. ngampurane kang. rikane aja molor ya. wong wis ngoliing wektu. denteni ora teka. 3 ndina tek enteni kang. mangsane wong akeh perlu tur jam sekolah wis rampung, sedurunge ramaaf ngabari maning. ijig-ijig nongol. lah keprunyen rikane. sapa jajal sing salah. oleh komplen mboookk!!!!

    –>> saya juga minta maaf mas/mba/pak/bu ?
    ini dari sekolah mana ? namanya siapa ?

  4. gw hy pngn puya tmen cating ja

  5. Maaf, mas! Saya Drs. Iksan Kepala SDN 2 Pamijen UPK Baturraden, Banyumas, Jateng. nisn belum keluar. Apa tidak merugikan siswa? Tolong dong! sebenarnya ada problem apa? kenapa nisn tidak keluar?
    ————————————————————–
    Kami sdh mengadakan sosialisasi dan pelatihan tgl 9-11 Juni ke semua Sekolah dan UPK (utk SD). Upload Dapodik (NISN) skrg sdh menjadi tgg jawab masing2 sekolah, karena kondisi siswa yang paling mengetahui secara detail adalah sekolah. Userid Dan password jg sdh kami bagikan ke UPK, terima kasih. Bapak Ikhsan Silakan kontak UPK setempat

  6. kalo pengalamanku sebagai orang awam, waktu pertama naik tower 40 m rasanya ngeriiiii banget. namun untuk naik yang ke 3, 4, dst kita bisa melihat pemandangan yang cukup jauh dari ketinggian tsb. subhanallah ternyata indah sekali pemandangan di atas sana….
    pengalaman pahit waktu di atas tower pernah kena sengat petir namun cukup jauh jaraknya, jadi cuma kaya di setrum pake raket nyamuk…jangan sampe terulang dech…h ehe

  7. Maju teruss SMK WIJAYA KUSUMA JATILAWANG…good luck…

  8. Wah keja berat Banget mas!

  9. Wah… sekolahku dibilang sekolah pinggiran… kacau nich.. sekolahku tetep yang terbaik… SMK Ma’rif NU 1 Wangon.. Hidup SMK Manusa

  10. Iseng-iseng searching Wangon, eh di bagian bawah nyantol tulisan ini. Ini tulisan lama. Tapi cukup menggugah pikiran saya, betapa berat perjuangan jardiknas kala dulu. Proyek nir kabel yang (maaf) “cukup gagal”😦 Tapi itulah itikad untuk untuk menyatukan dunia pendidikan lewat jardiknas. Sekarang pun kala jardiknas “lebih mudah”, lewat infratruktur telkom, apa yang diharapkan belum begitu kelihatan nyata. Optimalisasi penggunaan media jaringan untuk pertukaran informasi antar satuan pendidikan belum sepenuhnya terlaksana. Entah karena “begitu tingginya” tekhnologi yang ada ataukah kita sebagai SDM nya yang masih enggan untuk belajar dan mengaplikasikan…. maaf kalo saya salah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: