Oleh: sunarto | Juli 26, 2008

Mahalnya BSE

Sejak diluncurkan sebulan lalu oleh mendiknas, Buku Sekulah Elektronik (BSE) tampaknya belum dapat dijadikan solusi alternatif  untuk mengatasi mahalnya harga buku cetak dari penerbit.  Hari ini penulis mencoba mendownload BSE dari http://bse.depdiknas.go.id bidang studi Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia tingkat SMA setebal 242 halaman.

Hitung2 kasar biaya yang mesti dibayar pemakai sbb ;

  1. Bayar sewa warnet untuk 3 jam Rp 12.000,-
  2. Ongkos cetak 242 X Rp 250,- = Rp 60.500 ,-

Total biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp 72.500,- alias masih lebih mahal dari harga buku dari penerbit. Belum lagi ongkos transportasi ke warnet dan jilid buku

Meski boleh digandakan dan dijual kembali namun mendiknas telah menetapkan HET antar Rp 4000 sampai Rp 20.000,-  untuk sebuah judul buku. Jika dihitung untuk softcopy buku setebal 242 halaman akan menghabiskan biaya sebesar 242 X Rp 100,- = Rp 24.200,- (biaya minimal).  Tentunya jumlah ini masih jauh diatas maksimal HET yang Rp 20.000,- satu judul


Responses

  1. yha hari gini sih ga ada yang murah ya mas, niatnya sih baik..

  2. wah mas, saya donload BSE 3 jam dapet 10 matapelajaran, hanya saja jika digandakan hitungannya memang tidak masuk.

  3. Iya, BSE Banyak Banget……

    Kalau di ICT bisa langsung download

    http://www.icttemanggung.org/direktori/

    Agung Sulistyo
    Pengajar TKJ SMK Negeri 2 Temanggung
    ——————
    @Agung
    Makasih mas, saya nanti coba donlot yah

  4. kalau mau pesen buku BSE ke saya aja yah. hehe.
    —————————
    @qnewt
    (Iklan Mode ON yah?)

  5. Mang kalo sekarang mau pinter kok mahal bange yah! indonesia payah, ga bisa ngertiin orang susah kaya aku!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: