Oleh: sunarto | Maret 1, 2009

ClarkConnect sebagai Router

clarkconnectClarkConnect adalah salah satu distribusi linux seperti halnya Ubuntu, Open Suse, Redhat, Mandriva, PClinuxOS, BlankON dan lainnya. ClarkConnect didesain sebagai software gateway/server (router) yang diperuntukan bagi perusahaan maupun organisasi kecil dan menengah. ClarkConnect diciptakan secara terintegrasi dan disertai feature-feature yang memadai. Feature-feature yang diusung diantaranya antivirus, antispam, content filtering, bandwidth management serta Virtual Private Network (VPN).

Software Operating System ClarkConnect ini dapat diunduh pada http://www.clarkconnect.com/downloads dalam berbagai seri, mulai dari versi 3.0 sampai dengan versi 4.3 yang terbagi dalam kategori Home Edition, Professional, Office, Community (gratis) dan Enterprise Edition. Penulis sendiri mengimplementasikan versi 4.3 Community Edition yang dapat diunduh secara bebas pada situs ClarkConnect. Salah satu situs rujukan penulis dalam mengamati perkembangan distribusi Linux adalah http://distrowatch.com. Dari jumlah rata-rata pengakses situs ClarkConnect.com dalam 6 (enam) bulan terakhir, distribusi ini menempati peringkat ke-97.

Kebutuhan Hardware Pra instalasi:
 Processor – Up to 4 processor Pentium/Celeron/AMD  RAM – Minimal 256 MB atau lebih  Hardisk – Instalasi dan log sistem minimal 1 GB  CDROM – Dibutuhkan saat instalasi 
Network Cards – PCI/ISA/PCMCIA 2 Unit 
Monitor – Dibutuhkan saat instalasi  Keyboard – Dibutuhkan saat instalasi 
Broadband – Ethernet/Cable/DSL

Paket/Modul software dapat didownload di http://www.clarkconnect.com terdiri dari alsa-lib (1.0.19), cups (1.3.9), db (4.7.25), dhcp (4.1.0), freetype (2.3.8), glibc (2.9), httpd (2.2.11), linux (2.6.28.7), module-init-tools (3.6), mysql (5.1.31), openssh (5.1p1), openssl (0.9.8j), perl (5.10.0), php (5.2.8), postfix (2.5.6), Python (3.0.1), samba (3.3.0), vim (7.2), xorg-server (1.5.3)

Salah satu kemudahan yang ditawarkan ClarkConnect adalah konfigurasi router lewat web-based

web-based


Responses

  1. i jg pake, enak kok bro

  2. Gmn Cara MIx beberap ISP di Clark connect..
    Misal Pake Speedy dan ISP Lainnya, supaya Band with bisa bertambah dan memadukan dua jaringan berbeda

  3. setau saya.. untuk memadukan 2 ISP atau lebih di clarkconnect harus pakai modul Multi-WAN yang masuk dalam kategori Clarkconnect Enterprise Edition (berbayar) pak Cep.. gimana, diknas kab malang mau beli ya pak? heheheee

  4. mas, gimana cara nya settingan dasar untuk membangun PC router clackconnect kalau saya pake speedy office,saya mau beralih ke clackconnect, saya masih bingung gimana settingan awalnya untuk mendapatkan IP address dari telkom speedy yg bakal dimasukkan ke router, bagaimana settingan awalnya,apakah dimodem dulu atau langsung dari clackconnect?? mohon penjelasannya pliss, butuh banget..

  5. kalau dasarnya sih speedy office tinggal di setting di modem, matikan dhcp server pada modem speedy untuk bisa setting statik pada router jadi urutannya : internet – modem – gateway – lan

  6. […] 17, 2009 oleh sunarto Sudah beberapa minggu (atau bulan) yah?, router clarkconnect saya tidak pernah saya reboot.  Ada beberapa client yang tidak bisa connect 2 hari ini, utamanya […]

  7. saya dah 3 tahun pake clarkconect comunity edition v3.2 ga ada masalah tuh.lalu saya coba pake versi yang 4.2,4.3,5.0 yg mendukung SATA ga ada masalah juga.

    • salam kenal pak….

  8. Saya membuat video tentang ClarkConnect walau masih ada yang perlu direvisi yaitu ucapan saya tentang versi ClarkConenct. Semoga bermanfaat:

    http://www.youtube.com/tohamustofa

  9. kayanya menarik ne ClarkConnect,,masi newbie soalnya, biasanya masih pake miketek😀

  10. assalamu’alaikum temen2 tolong donk saya dibantu dikirimkan modul mengenai software clark connect ini soalnya saya mau bikin Tugas akhir menggunakan system ini.toloooooooooooooong….

    Terima kasih

    Assalamu’alaikum

    Salam Kenal semuanya

  11. mas tolong dong bantuannya saya brusan install cc cuman saya gak bisa masuk dari web browser gmana ya? apa ada yg perlu di setting lagi ? gmana caranya ..?
    ——–
    @Ms Yanto
    Coba arahkan browser via https://ipaddressrouter:81
    NB: saya pernah naruh file di ilmukomputer.org silakan cari, kata kuncinya clark connect, selamat mencoba

  12. uda saya cb mas… tapi gak bisa jga …apa waktu install ya lum selesai apa ? itu kan ada dns1 -dns3 itu kita isikan dns dari isp kita ya mas..?
    tropologi saya Modem Adsl+Mikrotik + swith+CC+clinet.
    adsl 192.168.1.1 Mikrotik 192.168.1.2 localya 192.168.10.1 cc ya 192.168.10.5. gmana ya mas settingan yg benar ? trims

  13. salam kenal

    mas saya ingin mengembangkan clark connect dengan tujuan clark connect akan di jadikan router dan sebagai database.
    di dalam nya saya ingin setiap guru punya folder yang bisa di share secara intranet jadi guru2 tidak harus membawa flasdisk atau setiap materi rapat dapat diambil di database yang ada di clark connect

    mohon bimbingan nya

    terima kasih


Tinggalkan Balasan

Kategori

