Oleh: sunarto | Maret 23, 2009

Penyakit Gula, Seberapa Bahayakah?

Kebetulan dalam beberapa minggu terakhir, 2 tetangga saya meninggal. Keduanya berumur 59 dan 30 tahun. Usut punya usut yang bersangkutan telah lama menderita penyakit gula. Yang saya tahu, jika seseorang menderita penyakit ini, kabarnya jika bagian tubuh mudah atau ada yang luka, susah sekali untuk disembuhkan. Dan sebagai orang awan saya hanya bisa mencari jawaban lewat blogwalking,

Saya kutip dari sini

——————————————————————————————

Pada garis besarnya penyakit gula diakibatkan karena gula dalam darah tidak dapat dipakai oleh otot dan organ tubuh manusia. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya insulin yang mengubah gula darah (glukose) menjadi glikogen supaya dapat dipakai otot atau organ tubuh manusia. Atau penolakan (resistensi) jaringan tubuh, seperti otot dan organ tubuh lainnya. Mengapa demikian tidak akan kita bicarakan di sini. Sehingga pengobatan terhadap penyakit gula atau kencing manis, ditujukan kepada :

1. Pengurangan asupan glukosa baik dengan diet atau obat.

2. Mengurangi resistensi jaringan tubuh terhadap insulin, dengan olah raga atau obat.

3. Menambah insulin tubuh.

Perlu diketahui juga bahwa glukose darah tidak hanya berasal dari makanan saja tetapi juga dibuat oleh organ hati manusia. Kita bahas satu persatu problem di atas :

1. Glukosa darah dapat berasal dari Nasi, roti, tela dan penggantinya termasuk gula. Dapat juga dari daging atau lemak. Untuk aturan diet nya, nasi beri setengah dari biasanya diganti dengan jenis yang lebih komplek susunannya agar tidak mudah terurai menjadi glukosa, seperti sayur mayur dan buah buahan. Misalnya nasi jagung atau uwi dan lain lain. Hal ini akan menyebabkan awet kenyang, sehingga asupan glukosa di harap menurun. Konsumsi protein seperti daging, tempe dapat dipakai juga untuk pilihan lain karena ikatannya lebih komplek sehingga lebih sulit di cerna. Andaikata di cerna butuh energi yang lebih banyak sehingga dapat lebih baik untuk mengendalikan berat badan.

2. Mengurangi penolakan insulin oleh jaringan dengan gerak badan. Paling baik dengan gerak badan paling tidak untuk permulaan selama 30 menit dengan jalan kaki, tetapi bisa juga dengan yang lain yang penting anggota badan digerakkan. Contoh sederhana, hilangka remote control TV sehingga kalau ingin merubah saluran kita gerak untuk mendekat. Mudah bukan ?.

3. Menambah insulin tubuh, bisa insulin langsung diberikan lewat suntikan, atau dengan obat yang memacu organ pembuat insulin menghasilkan insulin lebih banyak.

Yang tidak kalah pentingnya periksa kadar gula darah puasa dan 2 jam sesudah makan setiap bulan sekali, usahakan berat badan se ideal mungkin.Hal ini sangat penting karena akan menunjukkan hasil kita selama 1 bulan sudah betul atau belum.
——————————————————————————————-

Ada juga petunjuk pengobatannya disini
——————————————————————————————-

CARA MEMANFAATKAN LIDAH BUAYA UNTUK PENGOBATAN GULA DARAH

Diabetes mellitus adalah penyakit yang paling menonjol yang disebabkan oleh gagalnya pengaturan gula darah. Saat ini penyakit gula (sebutan Diabetes mellitus bagi orang awam) merupakan momok bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Walau saat ini tersedia obat yang beraneka ragam mulai dari obat warung kaki lima sampai di apotek dengan referensi dokter. Namun tak ada salahnya bagi yang sudah bosan dan gagal setelah mencoba menurunkan kadar gula dengan berbagai obat dan terapi modern dengan cara pengobatan tradisional negeri kita.Pada edisi kali ini akan kami sampaikan cara memanfaatkan tanaman Lidah Buaya guna menurunkan kadar gula darah. Cara tersebut sudah dicoba oleh beberapa penderita di daerah Semaran, dan hasilnya sangat memuaskan.

CARA MEMANFAATKAN LIDAH BUAYA
Ambil pelepah lidah buaya yang sudah dewasa, pilih pelepah yang besar dan lebar
Potong pelepah pada pangkalnya
Bersihkan dengan cara dicuci kulit lidah buaya dengan air yang mengalir
Belah pelepah lidah buaya menjadi dua bagian dari pangkal sampai ujung
Ambil lendir yang ada pada kedua belahan dengan sendok makan secara hati-hati dan halus
Usahakan jangan sampai terkena seratnya (karena seratnya terasa pahit)
Masukkan ke dalam gelas air minum (isi lendir tiap pelepah hanya sekitar 2-3 sendok makan)
Campur dengan air hangat seperempat gelas minum kecil dan sedikit garam biar rasanya agak enak.
Minum dua kali sehari (pagi dan malam) selama dua minggu berturut turut.
Usahakan setiap minggu cek laboratorium gula darah
Dan yang terakhir, berdoalah setiap waktu khususnya setiap akan minum ramuan ini. Insya Allah akan menambah proses kesembuhan anda. Amin.

Demikian tip yang kami berikan semoga bermanfaat. Karena tak ada penyakit yang tidak ada penangkalnya. Tuhan menciptakan penyakit pasti disertai cara penyembuhannya.
——————————————————————————————-


Responses

  1. tinggi saya 168 cm , berat 56 kg , termasuk under weight ( setelah cek-up ) disuruh meningkatkan berat badan , namun kok ada hasil yang membuat saya bingung “glukosa dalam urin ” bisa tolong dijelaskan mengenai ini?

    bener ga kalau penyakit ini hanya untuk orang gemuk?
    terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: