Oleh: sunarto | Juni 9, 2009

Presentasi Dapodik

NISNMulai Selasa ini hingga 3 hari kedepan, ‘acara’ saya adalah presentasi seputar data pokok pendidikan (dapodik) buat 300-an sekolah dari jenjang SD sampai SLTA. Ini adalah pekerjaan yang gak ada habisnya sejak 2006 lalu. Disamping data yang susah diperoleh, data yang masuk pun dari sekolah banyak asal-asalan. Salah satu bagian dari data pokok pendidikan adalah Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Sesuai dengan namanya, kedepan data nomor peserta didik akan berlaku secara nasional, data akan tersimpan dalam database online secara terpusat. Awalnya “Administrator’ ditingkat daerah hanya pada tingkat kabupaten/kota.

Namun per Maret 2009 lalu, hak akses dapodik ‘diturunkan’ hingga ke tingkat sekolah, sehingga diharapkan data yang terupload secara online benar2 valid, dan mempercepat proses approval, mutasi dan hal-hal lain terkait data siswa.
Standar Operasional Prosedur Dapodik dapat didownload pada link berikut. Bagan mutasi merupakan alur ditingkat user kabupaten/kota dapat disesuaikan jika Anda login sebagai user sekolah.

SOP-Dapodik-v-1


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: