Oleh: sunarto | Juli 1, 2013

Pilkades

pilkadesGebyar pesta demokrasi seperti pemilihan gubernur/bupati maupun legislatif sepertinya tidak begitu menarik, terlebih bagi masyarakat pedesaan. Lihat saja angka golputnya yang hampir menyentuh angka 50%. Umumnya pada masyarakat pedesaan baru merasakan meriahnya pesta demokrasi saat pemilihan kepala desa berlangsung, seperti yang saat ini sedang hangat²nya momen pilkades di wilayah Kabupaten Banyumas dan sekitarnya. Warga akan berbondong² ke tempat pemungutan suara tak perduli panas, atau hujan sekalipun. Umumnya karena merasa memiliki kedekatan emosional dengan salah satu calon ataupun karena alasan lain.
Hampir semua warga yang memiliki hak suara dipastikan akan hadir, biasanya TPS akan dilangsungkan di lapangan desa setempat. Seperti yang terjadi di 3 Desa (Losari, Rawalo dan Tambaknegara) diwilayah Kecamatan Rawalo, Kab Banyumas Jateng.
Butuh biaya yang tidak sedikit untuk mencalonkan diri sebagai Calon Kepala Desa. Minimal puluhan bahkan bisa ratusan juta agar bisa meraup suara sesuai harapan. Setidaknya jamuan makan, minum dan rokok sebulan terakhir, diperuntukkan bagi masyarakat yang datang setiap harinya ke rumah calon. Biaya yang timbul atas penyelenggaraaan pilkades ini pun sebagian dibebankan kepada si calon mengingat terbatasnya anggaran yang dimiliki tiap² Desa. Angka yang diketahui Rp. 15-35 juta per calon. Nominal ini wajib dipenuhi untuk proses mendapatkan nomor dan gambar calon selanjutnya.
pilkades2
Meski butuh banyak biaya, peminat bakal calon kades pun ternyata cukup banyak. Dalam satu desa bisa 3 bahkan 8 bakal calon kades yang mendaftar. Ada alasan pangkat/kedudukan dan uang disana.
Sebenarnya berapa rupiah kan nominal yang bisa didapat dari seorang kepala desa setiap bulannya. Setelah saya tanya ke beberapa sumber, nominal yang bisa didapatkan dari seorang Kades berkisar Rp. 6-10 juta/bulan tergantung dari seberapa banyak tanah bengkok desa yang dipinjamkan. Andaikan masa jabatannya 6 tahun silakan kalikan sendiri.
CIMG2150


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: