Oleh: sunarto | Agustus 16, 2013

Intisari khutbah Jum’at ini, semoga bermanfaat untuk saya pribadi dan kaum muslimin yang lain

Setelah 9 hari menginjakkan kaki dibulan syawal ini, semangat ramadhan mestinya kita jaga, jangan mengendur. Jika pada bulan puasa kita terbiasa dengan bertadarus Alquran, teruskanlah kebiasaan membaca kitab suci meski tak lagi berada di bulan puasa. Kebiasaan shalat tarawih dan bangun malam untuk santap saur gantikanlah dengan shalat lail. Hasil akhir sebagai La ‘alakum tattaqun yakni manusia-manusia yang bertaqwa semoga tetap terpelihara meskipun waktu telah berganti.

Dan terkait dengan hari lahirnya bangsa kita, kebetulan hari kemerdekaan RI esok jatuh dibulan syawal, tetaplah tawadhu dan jangan berlebih-lebihan. Isilah dengan kegiatan yang positif dan hindari acara yang terkesan hura-hura apalagi berlebihan. Hari kemerdekaan yang jatuh pada 17 Agustus 1945, dimana angka 17 adalah sama bilangannya dengan jumlah rakaat shalat wajib sehari semalam, angka 8 (Agustus) adalah sama dengan jumlah do’a dalam bacaan ketika duduk diantara dua sujud, ini mengandung makna bahwa hari kemerdekaan merupakan salah satu buah dari kerja keras dan doa (shalat) dari para pendahulu kita. Dan pada momentum kemerdekaan ini tetaplah kita senantiasa pandai-pandai bersyukur atas nikmat yang telah Allah anugerahkan kepada kita, sesuai dengan Firman-Nya
La in syakartum la azidannakum wa la in kafartum inna ‘adzabi lasyadid(un)
“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azabku sangat berat.”

Semoga kita dapat dipertemukan dengan Ramadhan mendatang, Aamiin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: